Sejarah

Provinsi Kepulauan Riau ada mulai tahun 2005. Sebagai provinsi baru, adalah wajar untuk mempunyai universitas negeri. Kemudian berdirilah Univesitas Maritim Raja Ali Haji di tahun 2007. Pada saat itu ada 9 program studi termasuk diantaranya Akuntansi.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 53 tentang Pendirian Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas memiliki 9 program studi dimana salah satunya adalah Fakultas EkonomiĀ  dengan program studi akuntansi. Program studi akuntansi mempunyai visi untuk menjadi program studi akuntansi terkemuka di Indonesia berbasis kemaritiman. Untuk menjadi program studi akuntansi terkemuka diwujudkan dengan menyelenggaran pendidikan dan pengajaran,pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Seiiring dengan perkembangan yang terjadi maka kurikulum juga mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan yang ada dalam dunia pendidikan. Program studi Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji juga mengalami beberapan perubahan kurikulum.Kurikulum Program Studi Akuntansi mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RIĀ  No 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Dalam Kepmendiknas No. 232/U/2000, kompetensi hasil didik serta program studi terdiri atas kompetensi utama,kompetensi bidang dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama.